0 Comment
Foto: (dok Kemenpar)

Jakarta - Upacara etika Syukur Bumi mengawali program Festival Geopark Ciletuh di Kampung Adat Kesepuhan Sinar Resmi, Palabuhanratu, Jawa Barat. Upacara ini bertujuan kenalkan budaya Sunda dari akarnya.

Resmi dibuka hari ini, Menteri Pariwisata Arief Yahya menyampaikan ada beberapa alasan yang menciptakan Festival Geopark Ciletuh menarik dan sangat layak untuk disaksikan.

"Pertama ialah venue-nya yaitu Geopark Ciletuh. Ini lokasi yang luar biasa. Punya nilai sejarah tinggi dan sangat eksotik. Dan venue ini akan dibalut dengan atraksi budaya khas Sunda yang sangat indah. Perpaduan dua hal ini, menciptakan bazar menjadi mempunyai nilai jual," kata Arief dalam keterangan tertulis, Sabtu (13/10/2018).



Upacara Adat Syukur Bumi, dihadiri Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi Dana Budiman, dan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Barat Ida Harnida. Dana menjelaskan Upacara Adat Syukur Bumi kental dengan budaya khas Sunda.

"Sengaja kita menentukan Kampung Adat Kasepuhan Sinar Resmi alasannya kita ingin memperkenalkan kebudayaan Sunda dari akarnya. Kita ingin biar budaya Sunda bisa naik ke permukaan. Termasuk Kampung Adat Sinar Resmi ini," ujar Dana.



Dia memaparkan kegiatan ini menjadi pembuka dari rangkaian Festival Geopark Ciletuh. "Festival itu ada beberapa rangkaian. Tapi kita mulai dari upacara adat. Tujuannya untuk mendoakan biar seluruh rangkaian kegiatan bisa berlangsung dengan lancar hingga akibat nanti," ungkap Dana.

Sementara anak Ketua Adat Kasepuhan Sinar Resmi, Gia, menyampaikan Upacara Syukur Bumi ialah bentuk ungkapan syukur atas karunia dan keberkahan yang didapat warga Sinar Resmi.

"Ini ialah ungkapan syukur atas apa yang kita sanggup selama ini. Khususnya untuk hasil bumi. Selain itu, upacara juga digelar biar seluruh rangkaian kegiatan sanggup berjalan dengan lancar dan tanpa kurang satu apa pun," kata Gia.

Di lain pihak, Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional II Sumarni mengaku bahagia Festival Geopark Ciletuh bisa mengakomodir kebudayaan lokal.

"Hal itu sangat dibutuhkan. Karena salah satu kekuatan pariwisata ialah budaya. Dan banyak wisatawan mancanegara tiba ke suatu kawasan atau destinasi untuk menikmati kebudayaan lokal. Seperti yang disajikan dalam rangkaian Festival Geopark Ciletuh ini," ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan Kabid Pemasaran Area I Kementerian Pariwisata Wawan Gunawan. Menurutnya, Festival Geopark Ciletuh bisa menjaga kelestarian budaya Sunda.

"Ini event yang sangat menarik. Karena, rangkaian kegiatannya diawali oleh upacara adat. Jadi. Sejak awal budaya Sunda benar-benar diperkenalkan. Karenanya, value Festival Geopark Ciletuh ini akan luar biasa," terangnya.



Cek juga video Melihat Upacara Adat Wuku Taun di Pangalengan

[Gambas:Video 20detik]

Post a Comment

 
Top