0 Comment
Foto: IstimewaFoto: Istimewa

Jakarta - Mendengar kata salad, orang niscaya otomatis eksklusif membayangkan sepiring sayuran. Tapi setiap negara mempunyai varian salad yang unik.

Misalnya saja di Guatemala terkenal dengan salad yang disebut fiambre, di Peru ada salad salterito dan Indonesia terkenal dengan gado-gado.

Dilansir dari Huffington Post (10/2) berikut beberapa salad terkenal dari banyak sekali negara.

1. Fiambre, Guatemala
Yummy! Ini 5 Salad Populer dari Berbagai Negara, Termasuk Indonesia Foto: Istimewa

Fiambre bukan sekedar salad biasa, masakan ini bahkan dijadikan masakan bersejarah yang selalu disantap setiap 1 November di Guatemala. Selama berabad-abad, setiap 1 November, seluruh keluarga akan ziarah ke makam sambil membawa salad ini.

Fiambre ialah salad yang disajikan dingin. Komposisi salad ini terbilang kompleks alasannya terdiri dari 50 materi yang terdiri dari asparagus, kubis brussel, kembang kol, jagung, bawang, kacang, ayam, daging asap sampai telur rebus.

Bahan-bahan ini disajikan terpisah dan dapat diracik sesuai selera. Salad ini kemudian dilengkapi dengan saus cuka atau mustard dan diaduk rata sebelum disantap.

2. Solterito, Peru
Yummy! Ini 5 Salad Populer dari Berbagai Negara, Termasuk Indonesia Foto: Istimewa

Secara harfiah, salad ini mempunyai arti anak bujang atau cukup umur pria. Salad ini sangat gampang dibuat, bahannya pun sederhana sehingga dianggap anak muda pun dapat membuatnya.

Solterito terbuat dari racikan kacang, daging babi, jagung, keju, cabai, tomat, zaitun dan bawang merah. Semua materi ini dipotong dan dicampur rata kemudian disajikan dengan cuka, daun ketumbar serta peterseli.

Baca juga : 5 Tips Bikin Salad Enak dan Sehat untuk Pesta Tahun Baru

3. Horiatiki, Yunani
Yummy! Ini 5 Salad Populer dari Berbagai Negara, Termasuk Indonesia Foto: Istimewa

Salad asal Yunani yang satu ini terbilang cukup terkenal alasannya sudah ada semenjak tahun 1960-an. Salad sederhana ini terdiri dari irisan keju feta yang dicampur dengan aneka sayuran segar.

Horiatiki ini awalnya dikenal sebagai masakan petani alasannya materi baku yang dicampurkan merupakan hasil kebun para petani di Yunani. Seporsi salad ini terdiri dari adonan tomat, zaitun, mentimun dan bawang.

Salad ini biasa disajikan dalam keadaan segar dilengkapi sepotong roti. Karena mempunyai rasa segar, salad biasa dijadikan sajian pembuka sebelum jamuan makan.

4. Gado-gado, Indonesia
Yummy! Ini 5 Salad Populer dari Berbagai Negara, Termasuk Indonesia Foto: Istimewa

Gado-gado artinya ialah campur-campur. Sesuai dengan namanya, masakan ini memang dibentuk dari adonan banyak sekali sayuran yang diaduk rata. Gado-gado berasal dari Jakarta, khususnya dari suku Betawi.

Aneka sayuran menyerupai kacang panjang, tauge, aneka sayuran, tahu dan tempe dicampur dan disajikan dengan siraman saus kacang. Saus kacang dengan perhiasan kecap anggun ini menciptakan salad asal Indonesia ini makin kaya rasa.

5. Panzanella, Italia
Yummy! Ini 5 Salad Populer dari Berbagai Negara, Termasuk Indonesia Foto: Istimewa

Salad asal Italia ini dibentuk secara tidak sengaja alasannya hanya mengandalkan masakan sisa. Di Tuscany, orang-orang memanfatkan roti sisa sebagai masakan campuran, termasuk untuk salad.

Panzanella terbuat dari adonan paprika, bawang, mentimun, roti tawar dan disajikan dengan kucuran minyak zaitun.

Baca juga : 'Hand Salad' Gaya Sajian Salad yang Ramai Diperbincangkan Netizen

Post a Comment

 
Top