0 Comment
Foto: IstimewaFoto: Istimewa

Jakarta - Nutrisi yang terkandung dalam materi makanan sanggup dikategorikan lewat warna makanan itu sendiri. Bahan alami berwarna merah sampai oranye dipastikan kaya vitamin C.

Pergantian cuaca menciptakan badan gampang terjangkit flu. Salah satu cara untuk menghindarinya ialah dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Hal itu sanggup didapat dengan mengonsumsi materi makanan alami. Selain menciptakan badan tetap fit, beberapa makanan yang dikategorikan menurut warnanya ini juga cocok dijadikan hidangan diet. Simak klarifikasi Dr. Eddie Fatakhov selaku nutrisionis di Center for Internal and Integrative Medicine, AS berikut menyerupai dilaporkan CNN International (5/2).

1. Bahan makanan berwarna merah, oranye dan kuning

Agar Tak Praktis Kena Flu, Konsumsi Makanan Berwarna-warniFoto: iStock
Bahan makanan berwarna merah, oranye, dan kuning cenderung kaya akan vitamin C. "Paprika merah dan paprika hijau kaya akan vitamin C. Keduanya juga kaya akan antioksidan dan fitonutrien," terang Fatakhov.

Ia juga menuturkan, apapun materi alami berwarna oranye atau kuning cenderung mengandung banyak vitamin C. Vitamin C sendiri ampuh tingkatkan sistem kekebalan tubuh.

Buah jeruk, tomat, stroberi, kiwi, kubis Brussel dan kembang kol termasuk ke dalam materi sumber vitamin C.

Baca juga: Sedang Pilek? Coba Konsumsi 5 Makanan Enak Ini untuk Mengatasinya

2. Bahan makanan berwarna hijau

Agar Tak Praktis Kena Flu, Konsumsi Makanan Berwarna-warniFoto: iStock
Sayuran hijau mengandung nutrisi yang cukup tinggi. "Salah satu sayuran yang mengandung vitamin D yaitu sayuran berdaun hijau, semua (sayuran itu) sanggup meningkatkan sistem kekebalan tubuh," tutur Fatakhov.

Fatakhov dan beberapa andal lainnya pernah meneliti soal vitamin D. Mereka karenanya menyadari bahwa vitamin D memainkan tugas yang cukup besar dalam sistem kekebalan tubuh.

Kelompok sayuran hijau menyerupai brokoli, kubis Brussel, kubis, dan sawi masuk dalam kategori sayuran silang. Sayuran silang sendiri kaya nutrisi, vitamin C, E dan K, karotenoid, folat, dan mineral.

Ketika dimakan, sayuran silang jadi sumber indole-3-carbinol yang punya tugas dalam menurunkan risiko terkena beberapa jenis kanker. Fakta ini bahwasanya masih terus diteliti oleh para ahli.

3. Bahan makanan berwarna biru, nila, dan ungu

Agar Tak Praktis Kena Flu, Konsumsi Makanan Berwarna-warniFoto: ilustrasi/thinkstock
Makanan berwarna biru, nila dan ungu cocok jadi hidangan orang yang tengah diet. Buah-buahan kering menyerupai kurma kering, ara kering dan prem masuk dalam kategori ini. Buah kering itu dikemas dengan banyak nutrisi.

Itu alasannya yaitu nutrisi dan serat lebih terkonsentrasi saat air dikeluarkan dari buah. Sebagai perbandingan, setengah cangkir cuilan buah aprikot kering mempunyai sebesar 4,7 gram serat. Sedangkan irisan aprikot segar dengan jumlah yang sama hanya mempunyai sebesar 1,6 gram serat.

Enaknya lagi, buah kering juga kaya akan antioksidan dan vitamin B folat. Meski begitu, gula alami dalam buah kering juga lebih terkonsentrasi.

Diluar makanan di atas, para andal juga menganjurkan untuk tetap menghidrasi badan dengan baik. Tentunya hal itu dilakukan biar terhindar dari flu.

Baca juga: Sedang Flu? Nikmati 5 Makanan Enak Ini untuk Meredakannya

Post a Comment

 
Top