0 Comment
Foto: Rachman HaryantoFoto: Rachman Haryanto

Jakarta - Marcell Siahaan masuk dalam jejeran selebriti yang doyan ngopi. Saking sukanya, dirinya pernah kecanduan kopi sampai terkena GERD.

Bagi Marcell, kopi jadi minuman penambah energi yang lezat. Segudang acara yang ia lakoni dapat dilakukan seraya meminum sumber kafein itu. Suami Rima Melati Adams itu bahkan dapat menegak 3 sampai 4 gelas kopi dalam sehari.

Kecanduan Kopi, Marcell Siahaan Sempat Kena GERDFoto: Istock
Jenis kopi yang ia sukai pun tergolong kuat. Ia penikmat biji kopi robusta. Selain cenderung punya rasa yang pahit, kafein pada kopi robusta ada di kisaran 1,8 sampai 4 persen.

Americano jadi pilihan racikan kopi favoritnya. Minuman berbasis espresso inilah yang membuatnya kecanduan. Apalagi jikalau tersaji dingin. Marcell dapat dengan cepat menegak minuman berkafein tinggi itu.

Baca juga: Karena Cinta Kopi, Dipha Barus, Marcell dan Andien Berkolaborasi di 'Music Drip'

Kecanduan Kopi, Marcell Siahaan Sempat Kena GERDFoto: dokdetikFood
Karena mengonsumsi kopi dalam jumlah banyak, asam lambung Marcell naik. Pria pelontos itu mengalami GERD atau Gastro Esophageai Reflux Disease.

"Saya kena GERD, asam lambung naik. Tapi kini udah normal," jelasnya pada detikFood dikala ditemui di SCBD, Jakarta (7/2/2019).

Dikutip dari detikHealth (14/10), GERD merupakan kondisi di mana adanya refluks (keluarnya) cairan lambung ke dalam esofagus (kerongkongan). Salah satu tanda-tanda yang kerap muncul yaitu rasa nyeri di tempat dada cuilan bawah.

Ia menjelaskan bahwa kecanduannya dimulai karena ia sering meminum Americano dingin. Saking nikmatnya, ia tak sadar jikalau dirinya sudah meminum racikan kopi itu dalam jumlah banyak.

Kecanduan Kopi, Marcell Siahaan Sempat Kena GERDFoto: Rachman Haryanto
"Saya sukanya Americano kan. Trus Americanonya yang dingin. Kaprikornus cepet banget kan (diminumnya)," ungkapnya.

Usai menjalani pengobatan, Marcell tidak meninggalkan minuman kesukaannya itu. Ia justru menentukan untuk mengurangi konsumsi kopi hariannya.

Sebab GERD yang ia derita berpotensi menghipnotis kondisi pita suaranya. Ia bahkan menuturkan jikalau dirinya justru lebih takut pada asam lambung dibanding tidak dapat tidur sebab mengonsumsi kopi. "Lebih takut asam lambung, sebab jikalau naik takut kena pita bunyi saya," tutupnya.

Baca juga: Terlalu Banyak Ngopi? Ini Cara Kurangi Efek Negatif Kafeinnya

Post a Comment

 
Top