0 Comment
Foto: iStockFoto: iStock

Jakarta - Percaya atau tidak, para ilmuwan telah menemukan cara untuk menghasilkan daging bacon yang lebih sehat. Enaknya lagi, cara itu tak mengubah kelezatan bacon. Nyam!

Dilansir dari Foodbeast (31/1), para ilmuwan sudah menemukan cara untuk menciptakan bacon lebih sehat dan enak dibanding bacon pada umumnya. Sebab sebelumnya mereka menyebut semua produk olahan daging termasuk bacon, tidak menyehatkan tubuh.

Para Ahli Temukan Cara Kurangi Karsinogen Dalam BaconFoto: Istock
Itu sebab produk olahan daging umumnya mengandung banyak pengawet serta diproduksi dengan suhu yang lebih tinggi sehingga sangat berbahaya bagi microbiome, kuman baik dalam usus. Di tahun 2015 lalu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengakibatkan pecahan daging berlemak ini termasuk ke dalam kelompok 'karsinogen kelompok 1'.

Karsinogen sendiri merupakan zat pemicu kanker. Untuk itu, banyak jago yang menyarankan semoga Anda mengurangi asupan bacon. Tapi di Amerika, orang lebih suka menyandingkan bacon dengan telur untuk sarapan.

Baca juga: Mau Rambut Bau Gurih? Pakai Sampo Keju dan Kondisioner Bacon Ini!

Para Ahli Temukan Cara Kurangi Karsinogen Dalam BaconFoto: KABC/Independent
Beberapa burger juga berisi bacon. Bacon yang renyah dan berlemak memang mempunyai citarasa yang lebih lezat. Saat ini, bacon sendiri tak hanya terbuat dari pecahan daging pork berlemak, tapi juga daging sapi.

Karena itulah, para jago mencari jalan keluar yang baik mengenai bacon. Pasti Anda ingin tau bagaimana cara ilmuwan menciptakan bacon lebih menyehatkan tanpa mengubah rasa bahkan membuatnya jadi lebih enak.

Berdasarkan keterangan para ahli, problem besar alias karsinogen itu muncul ketika pengolahan daging. Proses pengasapan daging justru meningkatkan zat karsinogen. Karenanya ilmuwan coba memakai filter ketika proses pengasapan daging.

Para Ahli Temukan Cara Kurangi Karsinogen Dalam BaconFoto: Istock
Jane Kparker selaku kepala tim peneliti The Flavour Centre di University of Reading di Inggris menyatakan pihaknya memutuskan untuk memakai jenis filter yang dikenal sebagai zeolit. Filter ini sering dipakai dalam industri otomotif. Zeolite sendiri jadi mineral berpori yang memangkas beberapa senyawa karsinogenik tanpa merusak rasa bacon.

Kparker dan timnya mempresentasikan hasil penelitiannya tahun lalu. Namun kembali mengadakan pengembangan filter. Hingga kini, lewat filter barunya, mereka dapat mengurangi konsentrasi senyawa karsinogen dalam bacon sampai 90 persen. Enaknya lagi, olahan daging sehat itu tetap punya rasa asap yang khas dan sedap. Beberapa jago bahkan merasa bahwa daging itu justru lebih sehat sehabis diproses.

Baca juga: Apa Jadinya Jika Vodka Diracik Bersama Bacon?

Post a Comment

 
Top