0 Comment
Foto: ThinkstockFoto: Thinkstock

Jakarta - Tak hanya sanggup dijadikan materi untuk memasak, kacang hijau sampai air cucian beras juga sanggup dipakai untuk sehatkan kulit wajah. Ini cara memakainya.

Wajah yang mulus dan baka muda jadi dambaan banyak wanita. Ragam perawatan kulit yang tergolong mahal pun rela dilakoni. Padahal banyak cara yang lebih mudah dan hemat untuk mendapat wajah cerah baka muda.

Berikut 6 di antaranya. Menurut Daily Mail UK (5/2), banyak warga China yang sudah menunjukan perawatan wajah alami ini.

1. Air cucian beras

Air Cucian Beras sampai Kacang Hijau, 6 Cara Ekonomis yang Bisa Bikin Kulit Mulus Foto: iStock
Air cucian beras sering dijadikan air pembasuh wajah. Cara ini sering dilakukan oleh warga China, Jepang maupun Korea. Air cucian beras dipercaya sanggup mencerahkan sekaligus mengencangkan kulit serta mempunyai sifat anti-inflamasi.

Untuk mendapat air cucian beras ini, tuangkan air dalam beras kemudian aduk sampai menjadi putih keruh. Saring air ini dan gunakan untuk cuci muka secara rutin.

Baca juga: Agar Kulit Kencang dan Cerah Gunakan 4 Racikan Masker Alami Ini

2. Minum teh hijau

Air Cucian Beras sampai Kacang Hijau, 6 Cara Ekonomis yang Bisa Bikin Kulit Mulus Foto: iStock
Teh hijau selalu jadi pilihan warga China usai santap aneka sajian lezat. Bukan tanpa alasan, konsumsi teh hijau tak hanya ampuh lunturkan lemak tapi juga mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan kulit.

Berdasarkan keterangan Yilin Wang selaku founder dari merek skincare W=Hb2, ada beberapa varian teh yang cocok untuk meredakan tiap duduk kasus kulit. Tapi teh hijau tetap jadi pilihan favorit karena punya bermacam-macam manfaat. Teh ini bersifat anti inflamasi dan kaya akan antioksidan.

3. He Shou Wu

Air Cucian Beras sampai Kacang Hijau, 6 Cara Ekonomis yang Bisa Bikin Kulit Mulus Foto: Istimewa
He Shou Wu yakni materi herbal penambah kesehatan yang dikemas dengan antioksidan. Air rabusan ataupun pil ekstrak materi ini dikonsumsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Disamping itu, He Shou Wu ampuh meremajakan kulit dan menebalkan rambut. Cairan herbal ini sudah dipakai dalam pengobatan tradisional China semenjak 800 Masehi.

4. Masker kunyit

Air Cucian Beras sampai Kacang Hijau, 6 Cara Ekonomis yang Bisa Bikin Kulit Mulus Foto: iStock
Menurut Byrdie, masker wajah berbahan dasar kunyit berasal dari China. Ahli kecantikan dan kepala perawatan kulit Wei Beauty, Wei Brian mengungkap bahwa masker kunyit dipakai perempuan China untuk mengurangi keriput serta mencerahkan kulit wajah.

"Campurkan satu sendok makan susu almond, satu sendok teh madu, dan satu sendok teh kunyit," jelasnya sebagai panduan pembuatan masker kunyit.

Lebih lanjut ia menuturkan jikalau Anda inginkan masker yang lebih kental, Anda sanggup mengganti susu almond dengan yogurt. Namun ia sendiri lebih suka menggunakan susu almond karena mengandung vitamin E dan antioksidan.

5. Konsumsi bubur

Air Cucian Beras sampai Kacang Hijau, 6 Cara Ekonomis yang Bisa Bikin Kulit Mulus Foto: iStock/dok. detikFood
Dikutip dari Natural Health Mag, konsumsi bubur sanggup menyembuhkan duduk kasus kulit dari dalam tubuh. Bubur yang bernilai gizi tinggi sanggup memberi pengaruh konkret bagi limpa dan paru-paru.

"Anda mungkin menyadari kekerabatan antara paru-paru dan kulit. Banyak penderita asma yang juga menderita eksim. Pengobatan China menegaskan bahwa paru-paru mengatur dan mengontrol kesehatan kulit," terang Dr Nat Kringoudis.

Karena itu, berkonsentrasi untuk tetap mengonsumsi materi yang menyehatkan paru-paru sangatlah baik bagi kesehatan kulit.

6. Kacang hijau

Air Cucian Beras sampai Kacang Hijau, 6 Cara Ekonomis yang Bisa Bikin Kulit Mulus Foto: Istimewa
Selain enak dijadikan hidangan epilog dan isian kue, kacang hijau juga dipercaya ampuh atasi jerawat. Caranya dengan menciptakan masker kacang hijau. Itu alasannya yakni kacang hijau kaya akan antioksidan dan fitonutrien.

Cara menciptakan masker kacang hijau ini cukup mudah. Hanya perlu mencampur bubuk kacang hijau atau kacang hijau tumbuk sampai halus dengan susu cair. Kemudian olehkan ke wajah selama 15 menit dan bilas dengan air bersih. Saat ini, orang biasa mencampur bubuk kacang hijau dengan yogurt supaya lebih kental dan gampang dioles ke wajah.

Baca juga: Ini 9 Makanan Terpercaya Sebagai Anti Penuaan Dini Terbaik

Post a Comment

 
Top